makalah absorpsi distribusi dan ekskresi toksikan obat dalam tumbuhan

 Makanan, atas mana tubuh hidup, dengan kekecualian sejumlah kecil zat-zat seperti vitamin dan mineral, dapat diklasifikasikan sebagai karbohidrat, lemak dan protein. Akan tetapi, makanan ini umumnya tidak dapat diabsorpsi dalam bentuk alamiahnya melalui mukosa saluran pencernaan dan karena alasan tersebut ia tidak berguna sebagai zat gizi tanpa mengalami proses pencernaan terlebih dahulu.
Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita banyak menemui zat-zat gizi/kimia yang berhubungan dengan kita, bahkan kita sebagai manusia banyak menggunakan zat kimia dalam berbagai kebutuhan, hal tersebut tidak terlepas dari bahwa kita sendiripun merupakan organisme yang terbangun asam senyawa-senyawa yang terbentuk menjadi sebuah sehingga dapat bekerja.
Dalam tubuh kita banyak terkandung senyawa-senyawa kimia yang merupakan salah satu faktor dalam mendukung keberlangsungan kehidupan. Salah satu senyawa penting dalam tubuh kita adalah nutrisi. Nutrisi merupakan  substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Nutrisi didapatkan dari makanan dan cairan yang selanjutnya diasimilasi oleh tubuh.
 
Absorpsi adalah proses pemisahan bahan dari suatu campuran gas dengan cara pengikatan bahan tersebut pada permukaan absorben cair yang diikuti dengan pelarutan. Kelarutan gas yang akan diserap dapat disebabkan hanya oleh gaya-gaya fisik (pada absorpsi fisik) atau selain gaya tersebut juga oleh ikatan kimia (pada absorpsi kimia). Komponen gas yang dapat mengadakan ikatan kimia akan dilarutkan lebih dahulu dan juga dengan kecepatan yang lebih tinggi. Absorpsi merupakan  salah satu operasi pemisahan dalam industri kimia dimana campuran gas dikontakkan dengan suatu cairan penyerap yang sesuai, sehingga satu atau lebih komponen dalam campuran gas larut dalam cairan penyerap.
Nutrisi adalah zat-zat gizi dan zat lain yang berhubungan dengan kesehatan dan penyakit, termasuk keseluruhan proses-proses dalam tubuh manusia untuk menerima makanan atau bahan-bahan dari lingkungan hidupnya dan menggunakan bahan-bahan tersebut untuk aktivitas penting dalam tubuhnya serta mengeluarkan sisanya. Nutrisi dapat dikatakan sebagai ilmu tentang makanan, zat-zat gizi dan zat lain yang terkandung, aksi reaksi dan keseimbangan yang barhubungan dengan kesehatan dan penyakit. Nutrisi merupakan proses pemasukan dan pengolahan zat makanan oleh tubuh yang bertujuan menghasilkan energi dan digunakan dalam aktivitas tubuh.
Sistem yang berperan dalam pemenuhan nutrisi adalah sistem pencernaan yang terdiri atas saluran pencernaan dan organ asesoris. Saluran pencernaan dimulai dari mulut sampai anus. Sedangkan organ asesoris terdiri atas hati, kantong empedu dan pankreas. Ketiga organ ini membantu terlaksananya sistem pencernaan makanan secara kimiawi.

Metabolisme Nutrisi dalam Tubuh
Istilah metabolisme, berasal dari bahasa Yunani, berarti perubahan atau transformasi. Hal ini terkait dengan berbagai proses dalam tubuh yang mengubah makanan dan zat lain menjadi energi dan produk sampingan metabolik lain yang digunakan oleh tubuh. Ini adalah fungsi yang diperlukan yang memungkinkan tubuh kita untuk menggunakan makanan dan sumber daya lain untuk mempertahankan bagian-bagian kerja, memperbaiki kerusakan, menyembuhkan luka dan membersihkan tubuh dari racun.
Metabolisme membantu dalam fungsi pencernaan serta penyerapan nutrisi. Hal ini paling terpengaruh oleh nutrisi, hidrasi dan aktivitas fisik. Masing-masing item ini merupakan aspek penting kesehatan metabolisme yang optimal. Ketika salah satu kurang, maka berkurang pula tingkat metabolisme. Akibatnya, kesehatan pun akan berpengaruh.
Di dalam tubuh selain akan berperan sebagai bahan bakar bagi proses metabolisme, glukosa juga akan berperan sebagai sumber energi utama bagi kerja otak. Melalui proses oksidasi yang terjadi di dalam sel-sel tubuh, glukosa kemudian akan digunakan untuk mensintesis molekul ATP (adenosine triphosphate) yang merupakan molukel molekul dasar penghasil energi di dalam tubuh. Dalam konsumsi keseharian, glukosa akan menyediakan hampir 50-75% dari total kebutuhan energi tubuh.

sumber http://musbir.blogspot.com/2012/10/absorsi-nutrisi.html

Baca Juga Trik Gratisan Terbaru di Bawah ini

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

 
Master Kangtaqwim Support Blogger Info Seo Privacy Policy